Syarat dan Ketentuan

PT. FASINDO TEKNIK PRATAMA (selanjutnya disebut sebagai “Perusahaan”) dengan ini memberikan aturan dan kebijakan Pengguna (selanjutnya disebut sebagai “Kebijakan”) dalam menggunakan situs web ‘FASINDO.ID’ (selanjutnya disebut sebagai “Situs”), yang merupakan toko ritel online yang beroperasi sebagai berikut:

 

BAB 1 - KETENTUAN UMUM

Pasal 1 - Lingkup Kebijakan

Kebijakan ini mengatur hubungan antara Perusahaan dengan para pelanggannya yang menggunakan Situs (selanjutnya disebut sebagai “Pengguna”) dalam hal menggunakan layanan belanja dan layanan terkait lainnya (selanjutnya bersama-sama disebut sebagai “Layanan”) pada Situs dimana Perusahaan beroperasi.

Pasal 2 - Perjanjian dan Modifikasi

  1. Setelah menggunakan Layanan, Pengguna dianggap telah menyetujui Kebijakan.
  2. Perusahaan berhak untuk membuat perubahan atas Kebijakan sewaktu-waktu tanpa persetujuan sebelumnya dari Pengguna. Jika perubahan terhadap Kebijakan dilakukan, Perusahaan akan memberitahukan perubahan tersebut di Situs. Perubahan akan segera berlaku saat pemberitahuan dibuat.
  3. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kerugian apapun (apabila ada) yang diderita oleh Pengguna akibat perubahan dalam Kebijakan.

Pasal 3 - Penggunaan Layanan

Pengguna harus menggunakan Layanan sesuai dengan ketentuan-ketentuan ‘Kebijakan’ Perusahaan yang diatur secara terpisah.

Pasal 4 - Pemutusan Layanan dan Penghapusan Pendaftaran Keanggotaan

  1. Perusahaan dapat menangguhkan penyediaan Layanan, menghapus pendaftaran keanggotaan (akun) dan mengambil langkah-langkah lain yang diperlukan oleh Perusahaan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna, jika Pengguna melakukan salah satu dari hal-hal sebagai berikut:
    • Pengguna diketahui telah melanggar ‘Kebijakan’ yang telah diatur sebelumnya;
    • Keterlambatan dalam membayar biaya Layanan atau gagal memenuhi persyaratan lain yang disyaratkan oleh Perusahaan;
    • Pengguna melakukan tindakan-tindakan sebagaimana diatur dalam Pasal 41;
    • Keadaan lain dimana Pengguna melanggar Kebijakan.
  2. Dalam hal terjadi kerugian pada Perusahaan atau pihak ketiga karena pelanggaran ‘Kebijakan’ oleh Pengguna, Pengguna harus mengganti rugi semua biaya kerugian yang dialami oleh Perusahaan atau pihak ketiga tersebut (termasuk biaya pengacara, dll). Dan untuk setiap keluhan, pertanyaan atau klaim yang diajukan oleh pihak ketiga akibat pelanggaran tersebut, Pengguna harus menyelesaikannya dengan tanggung jawab dan biayanya sendiri tanpa menimbulkan kesulitan bagi Perusahaan.

Pasal 5 - Isi Publikasi

  1. Perusahaan tidak menjamin kelengkapan dan keakuratan informasi yang tercantum dalam Situs. Pengguna harus menggunakan Situs dan Layanan dengan resikonya sendiri.
  2. Perusahaan berhak untuk mengubah dan menghapus informasi apapun dalam Situs sesuai dengan kebutuhan Perusahaan.

 

BAB 2 - PELANGGAN

Pasal 6 - Registrasi

  1. Setiap orang yang ingin melakukan pendaftaran keanggotaan wajib mematuhi prosedur di Situs sebagaimana dipersyaratkan oleh Perusahaan.
  2. Pendaftaran keanggotaan dianggap selesai ketika Perusahaan menyetujui pendaftaran yang disebutkan dalam ayat sebelumnya. Akan tetapi, dalam hal-hal berikut, Perusahaan tidak dapat menyetujui pendaftaran atau membatalkan pendaftaran setelah disetujui bahwa:
    • Pengguna membuat pernyataan yang salah;
    • Hal lain yang diputuskan oleh Perusahaan bahwa pemohon tidak patut untuk mendapatkan status keanggotaannya.

Pasal 7 - Manajemen dan Tanggung Jawab Email & Kata Sandi

  1. Pengguna harus mendaftarkan alamat surel dan kata sandi untuk mendapatkan status keanggotaan. Pengguna tidak boleh mengalihkan, meminjamkan, atau menjual alamat surel dan kata sandi atau menggunakannya sebagai jaminan kepada pihak ketiga.
  2. Alamat surel dan kata sandi terdaftar dapat digunakan di semua bagian Situs.
  3. Pengguna adalah satu-satunya pihak yang bertanggung jawab atas penggunaan dan pengelolaan alamat surel dan kata sandinya, dan harus bertanggung jawab atas semua hal yang dilakukan di Situs, bahkan jika tindakan tersebut tidak dilakukan olehnya.
  4. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kerugian Pengguna yang diakibatkan oleh penggunaan alamat surel dan kata sandi oleh pihak ketiga, baik disengaja atau tidak disengaja atau merupakan kesalahan dari Pengguna.

Pasal 8 - Pembatalan Keanggotaan

  1. Jika Pengguna melakukan salah satu tindakan yang dilarang sebagaimana diatur dalam Pasal 41 (tindakan yang dilarang), Perusahaan dapat menangguhkan penyediaan Layanan tanpa pemberitahuan atau peringatan sebelumnya kepada Pengguna atau bahkan membatalkan keanggotaannya secara permanen.
  2. Pengguna harus mengganti rugi kepada Perusahaan jika ia melakukan tindakan sebagaimana disebutkan dalam ayat sebelumnya, dan Pengguna juga harus menanggung biaya pengacara dan biaya-biaya lainnya jika Perusahaan melakukan proses hukum terkait dengan hal tersebut.
  3. Pengguna harus memberitahu Perusahaan jika Pengguna membatalkan keanggotaan karena alasannya sendiri.

 

BAB 3 - PERINGKAT & ULASAN

  1. Peringkat (Rating) didefinisikan sebagai tingkat penilaian yang diberikan oleh Pengguna pada produk yang ditampilkan oleh Perusahaan di Situs. Ulasan (Review) didefinisikan sebagai ulasan yang diberikan oleh Pengguna pada produk yang ditampilkan oleh Perusahaan di Situs.
  2. Pengguna dapat menggunakan layanan Peringkat & Ulasan di Situs Perusahaan.

Pasal 9 - Penggunaan Ulasan Konten

  1. Perusahaan dapat menggunakan ulasan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna yang berkontribusi. Pengguna setuju bahwa Perusahaan juga dapat menggunakan ulasan dalam reproduksi, kutipan, pengungkapan, penawaran, publikasi, distribusi online dan bentuk lainnya tanpa harus membayar biaya apapun kepada Pengguna. Pengguna lebih lanjut setuju bahwa ia tidak memiliki hak atas ulasannya kepada Perusahaan dan pihak-pihak yang ditunjuk Perusahaan.
  2. Pengguna tidak diperbolehkan untuk mereproduksi, mengubah, mengedit atau menyalin isi ulasan yang dikontribusikan oleh orang lain atau Pengguna lain kecuali ditentukan lain oleh Perusahaan.
  3. Periode penampilan dan penyimpanan ulasan ditentukan sepenuhnya oleh Perusahaan sesuai dengan penilaiannya, dan Pengguna tidak keberatan dengan hal tersebut.

Pasal 10 - Batasan Kontribusi Ulasan dan Tanggung Jawab Pengguna

  1. Pengguna tidak diizinkan berkontribusi pada ulasan jika isinya mengandung salah satu dari hal-hal berikut:
    • Fitnah terhadap Perusahaan atau pihak ketiga;
    • Terkait dengan kejahatan atau mendorong kejahatan;
    • Melanggar hukum;
    • Menghasilkan publisitas untuk tujuan keuntungan;
    • Memberitakan klaim politik dan agama tertentu;
    • Membahayakan reputasi Perusahaan tanpa dasar atau dapat meningkatkan permasalahan kredit;
    • Melanggar atau mungkin melanggar hak kekayaan intelektual, kredit, privasi dan hak-hak lain Perusahaan atau pihak ketiga;
    • Mengungkapkan diskriminasi;
    • Unsur vulgar, berbahaya, kasar dan tidak menyenangkan bagi pihak lain;
    • Bertentangan dengan ketertiban umum atau norma sosial yang berlaku umum;
    • Mengandung informasi pribadi, seperti nama orang, nomor telepon, alamat surel, alamat rumah, tempat kerja, nomor kartu kredit dan nomor rekening bank;
    • Mengandung program atau script berbahaya, seperti virus dan lainnya;
    • Hal lain yang dianggap tidak pantas oleh Perusahaan.
  2. Bila ditemukan suatu pelanggaran terhadap ketentuan yang disebutkan pada ayat sebelumnya, Perusahaan dapat mengambil langkah-langkah sebagai berikut:
    • Penghapusan Peringkat dan Ulasan yang melanggar konten pada ayat sebelumnya;
    • Menangguhkan penggunaan Peringkat dan Ulasan
    • Langkah-langkah lain yang dianggap perlu oleh Perusahaan.
  3. Pengguna yang memberikan Ulasan akan mengganti semua kerugian (termasuk biaya pengacara) kepada Perusahaan atau pihak ketiga karena melanggar ketentuan tersebut di atas.
  4. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas pertanyaan, keluhan dan permintaan dari pihak ketiga yang terkait dengan Ulasan mereka yang melanggar Kebijakan dan hak-hak mereka. Perusahaan tidak bertanggung jawab untuk hal tersebut.
  5. Jika terdapat klaim apapun dari pihak ketiga atas pengungkapan informasi Ulasan yang diberikan oleh Pengguna karena melanggar privasinya, atau timbul klaim dari pengungkapan sebagaimana diatur oleh hukum, Perusahaan dapat mengungkapkan informasi pribadi dari Pengguna sesuai dengan undang-undang dan prosedur yang terkait.

Pasal 11 - Pembebasan Klausul

  1. Isi Ulasan harus didasarkan pada tanggung jawab Pengguna. Perusahaan tidak menjamin keakuratan, keandalan, kesesuaian, dll.
  2. Perusahaan tidak berkewajiban untuk memantau apakah kontribusi isi Ulasan melanggar Kebijakan atau tidak.
  3. Pengguna sepenuhnya menyadari bahwa dapat terjadi penghentian sementara atau permanen dari Layanan karena keadaan yang tidak dapat dihindari seperti pemeliharaan sistem Perusahaan atau kerusakan pada jalur komunikasi, dll, dan dalam hal ini Pengguna tidak akan mengklaim kompensasi dalam bentuk apapun kepada Perusahaan.
  4. Selain ayat sebelumnya, Perusahaan tidak bertanggung jawab atas hilangnya informasi Pengguna sehubungan dengan Layanan.

 

BAB 4 - PROMOSI

Pasal 12 - Kupon Promosi

  1. Situs menyediakan program promosi yang dapat berupa voucher/kupon dan hadiah (selanjutnya bersama-sama disebut sebagai “Promosi”) untuk Pengguna dengan kondisi tertentu. Promosi didefinisikan sebagai hak Pengguna untuk menikmati diskon atau hadiah dari Perusahaan.
  2. Perusahaan dapat memberikan kupon yang didefinisikan dalam BAB Empat dari Kebijakan kepada Pengguna ketika Pengguna berkontribusi untuk ulasan sesuai dengan kondisi dan prosedur yang disediakan Perusahaan secara terpisah.
  3. Perusahaan dapat memodifikasi keberadaan, kondisi dan prosedur pemberian kupon setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna, dan Pengguna tidak keberatan dengan hal tersebut.
  4. Dalam hal perolehan dan penggunaan kupon, Pengguna harus mematuhi Kebijakan Perusahaan.

Pasal 13 - Larangan Akumulasi / Pendaftaran Kupon dan Pendaftaran Banyak Akun

  1. Jika Pengguna memiliki beberapa voucher/kupon, Pengguna dilarang mengakumulasi voucher/kupon yang dimilikinya.
  2. Perusahaan berhak untuk membatalkan pemberian voucher/kupon jika Pengguna melakukan tindakan apapun yang diduga akan merugikan Perusahaan, seperti membuat akun palsu untuk mendapatkan voucher/kupon dan tindakan lainnya, dan Pengguna harus menyetujui pembatalan oleh Perusahaan tersebut.

Pasal 14 - Pembatalan dan Pemberhentian

  1. Perusahaan dapat membatalkan kupon dan hadiah yang diberikan kepada Pengguna untuk alasan yang tepat menurut penilaian Perusahaan sendiri seperti pembatalan produk dari Pemasok, dll tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna.
  2. Perusahaan dapat membatalkan kupon tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna jika Perusahaan menilai bahwa Pengguna diduga dan/atau terlibat dalam salah satu hal berikut:
    • Tindakan ilegal atau tindakan tidak jujur;
    • Suatu pelanggaran atas Kebijakan;
    • Hal-hal lain yang dinilai oleh Perusahaan sesuai untuk pembatalan pemberian hadiah kepada Pengguna.
    • Masa berlaku kupon telah berakhir.
    • Perusahaan tidak wajib untuk mengganti jika kupon dibatalkan atau kadaluarsa.

Pasal 15 - Penyelesaian Sengketa Penggunaan Voucher / Kupon

  1. Pengguna dapat membayar pesanan baik sebagian atau seluruhnya dengan voucher/kupon untuk pembayaran di Situs dengan cara yang ditentukan oleh Perusahaan dan pada tingkat potongan dan jumlah yang ditentukan oleh Perusahaan.
  2. Perusahaan dapat menambahkan ketentuan dalam penggunaan voucher/kupon yang disebutkan dalam ayat sebelumnya tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna.
  3. Jika Pengguna membatalkan pesanan, Perusahaan tidak akan mengganti voucher/kupon atau mengganti dalam bentuk nilai tunai dengan jumlah yang terkait dengan pembatalan pesanan.
  4. Jika Pengguna menggunakan voucher/kupon untuk pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan lebih rendah dari jumlah nominal voucher/kupon, Perusahaan tidak akan mengembalikan selisih nilai barang yang dibeli dengan voucher/kupon atau uang tunai.
  5. Jika Pengguna menggunakan voucher/coupon untuk pembayaran dan karena alasan tertentu maka tagihan (jumlah yang harus dibayarkan) berubah menjadi lebih tinggi, maka Pengguna harus membayar kekurangan dalam bentuk pembayaran lain dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Perusahaan.

Pasal 16 - Pembatalan Setelah Penggunaan Voucher / Kupon

Jika kupon dibatalkan sesuai dengan Pasal 14 setelah Pengguna menggunakan kupon untuk penyelesaian pembelian, pesanan produk dapat dibatalkan dan akan ditahan oleh Perusahaan. Jika Pengguna ingin tetap mendapatkan produk tersebut, Pengguna harus membayar secara tunai atau metode pembayaran lainnya yang ditentukan oleh Perusahaan.

Pasal 17 - Tidak Ada Konversi Uang dan Jual Beli Voucher

  1. Pengguna tidak dapat mengkonversi Promosi (yang terdiri dari hadiah dan voucher/kupon) menjadi uang dengan alasan apapun.
  2. Pengguna tidak diperbolehkan untuk memperdagangkan Promosi yang telah ditentukan Perusahaan untuk Pengguna yang berhak mendapatkannya sesuai keputusan Perusahaan.

Pasal 18 - Penggunaan Oleh Pihak Ketiga

  1. Penggunaan kupon akan dilakukan oleh Pengguna sendiri dan bukan untuk pihak ketiga atau orang lain.
  2. Pengguna yang menggunakan kupon adalah orang/pihak yang berhak untuk menggunakannya. Jika kupon digunakan oleh pihak lain, maka Perusahaan tidak akan mengganti kupon tersebut atau bertanggung jawab untuk setiap kerugian Pengguna.

Pasal 19 - Pajak dan Biaya

Pajak atau biaya tak terduga apapun yang timbul harus ditanggung oleh Pengguna.

Pasal 20 - Kehilangan Status Keanggotaan

Jika Pengguna kehilangan status keanggotaannya, Pengguna akan kehilangan semua hak Promosi yang dimilikinya. Dengan hilangnya status keanggotaan, Pengguna juga kehilangan hak-haknya kepada Perusahaan.

Pasal 21 - Perubahan Promo

  1. Perusahaan dapat menghapus Promosi, menangguhkan pemberian kupon dan memodifikasi isi dari layanan Promosi seperti perubahan, subjek dan jumlah diskon, masa berlaku, dll pada setiap saat dan Pengguna menyetujui hal ini.
  2. Jika terjadi kerugian atau kerusakan pada Pengguna karena perubahan yang disebutkan dalam ayat sebelumnya, Perusahaan tidak bertanggung jawab atas apapun.

 

BAB 5 - PEMBELIAN

Pasal 22 - Penawaran Harga

  1. Perusahaan menyediakan layanan untuk memberikan penawaran harga, baik secara online melalui Situs, yang dilakukan secara independen oleh Pengguna, atau permintaan secara offline yang akan diproses oleh Perusahaan.
  2. Penawaran harga secara offline membutuhkan waktu pengerjaan untuk memberikan penawaran harga yang diminta sesuai dengan Kebijakan dari Perusahaan.
  3. Perusahaan memiliki hak untuk menolak memberikan penawaran harga jika terdapat ketidaksesuaian dengan kebijakan Perusahaan, dan Pengguna harus tunduk dengan hal tersebut.

Pasal 23 - Pembelian Produk

  1. Pengguna berhak untuk membeli produk melalui Situs.
  2. Setiap pembelian akan mendapatkan nomor pesanan yang akan menjadi identifikasi pesanan yang telah dilakukan.

Pasal 24 - Penerimaan Pesanan

Setelah Pengguna melakukan pemesanan di Situs, sistem Perusahaan akan mengirim surel untuk mengkonfirmasi penerimaan pesanan dan memberikan informasi penyelesaian pesanan. Pada saat itu, dianggap bahwa kontrak penjualan mengenai produk yang bersangkutan antara Pengguna dan Perusahaan berlaku.

Pasal 25 - Pengalihan Kepemilikan

Terlepas dari metode pembayaran dan bentuk pengiriman, kepemilikan semua produk yang dibeli akan dialihkan kepada Pengguna pada saat Pengguna menerima produk.

Pasal 26 - Pembatalan

  1. Jika salah satu hal berikut terjadi, Perusahaan dapat membatalkan atau menghentikan proses penjualan pesanan dari Pengguna tanpa pemberitahuan sebelumnya:
    • Pengguna melanggar Kebijakan;
    • Telah terdapat pemberitahuan pembayaran yang ditolak dari kartu debit atau kartu kredit yang digunakan oleh Pengguna;
    • Produk tidak dapat dikirim karena alamat yang salah atau tidak dapat diakses atau tidak adanya Pengguna yang bersangkutan;
    • Data informasi palsu ditemukan dalam informasi pribadi yang diberikan oleh Pengguna yang bersangkutan;
    • Harga produk yang benar lebih tinggi dari harga yang ditampilkan di Situs (adapun harga yang benar dari produk didasarkan pada penilaian Perusahaan);
  2. Selain ketentuan yang disebutkan dalam ayat sebelumnya, Perusahaan dapat membatalkan atau menghentikan penjualan dan mengambil langkah yang tepat jika ada tindakan tidak jujur atau tindakan yang tidak pantas terkait penggunaan Layanan dan Situs oleh Pengguna.
  3. Dalam hal dari dua ayat sebelumnya, Perusahaan dapat mengklaim kerugian yang timbul akibat pembatalan disebabkan oleh Pengguna. Namun, Pengguna yang bersangkutan tidak dapat mengklaim kerugian kepada Perusahaan jika Pengguna menderita kerugian akibat pembatalan tersebut.

 

BAB 6 - PEMBAYARAN

Pasal 27 - Cakupan Pembayaran

  1. Pengguna harus membayar semua biaya termasuk pajak pertambahan nilai, pengiriman dan penanganan, serta biaya-biaya lain yang ditentukan oleh Perusahaan.
  2. Perusahaan dapat menerima jenis pembayaran dengan transfer rekening Bank dan dalam mata uang rupiah.
  3. Perusahaan menganggap pembayaran telah dibayar lunas oleh Pengguna setelah uang diterima di rekening bank Perusahaan.

Pasal 28 - Metode Pembayaran

  1. Beberapa metode pembayaran yang disediakan oleh Perusahaan di Situs dapat dipilih oleh Pengguna saat melakukan pemesanan dengan mematuhi ketentuan dari masing-masing metode pembayaran.
  2. Perusahaan bekerja sama dengan pihak ketiga dalam ‘Payment Gateway’ untuk beberapa jenis metode pembayaran yang tersedia.
  3. Pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit harus sesuai dengan kontrak yang disepakati antara Pengguna dan perusahaan penerbit kartu debit atau kartu kredit. Jika terjadi konflik antara Pengguna dan perusahaan penerbit kartu debit atau kartu kredit maka harus diselesaikan antara pihak-pihak yang bersangkutan dan Perusahaan tidak akan bertanggung jawab atas apapun.

 

BAB 7 - TAGIHAN & FAKTUR PAJAK

Pasal 29 - Ketentuan Tagihan & Faktur Pajak

  1. Perusahaan dapat mengeluarkan tagihan dan faktur pajak atas pesanan yang dilakukan Pengguna baik sebagai perwakilan suatu perusahaan atau perorangan dengan syarat minimum pembelian Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah) .
  2. Perusahaan akan mengirimkan tagihan dan faktur pajak, baik dalam bentuk soft copy atau lembaran yang dicetak jika diminta oleh Pengguna, sesuai dengan aturan yang berlaku di Perusahaan.
  3. Dalam hal permintaan faktur pajak, Pengguna harus memberikan informasi berikut kepada Perusahaan:
    • Nama perusahaan atau nama pembeli jika merupakan akun individu;
    • Alamat dan nomor telepon;
    • Nomor NPWP;
    • Alamat terdaftar NPWP.
  4. Isi dan waktu penerbitan dan/atau pengiriman tagihan dan faktur pajak mengikuti aturan yang ditentukan oleh Perusahaan, dan Pengguna harus tunduk pada aturan tersebut.
  5. Pengguna diperbolehkan untuk mengajukan perubahan informasi tagihan dan/atau faktur pajak kepada Perusahaan jika terdapat perbedaan informasi yang tidak sesuai dengan dokumen terkait yang dikeluarkan oleh Pengguna. Namun, pengajuan tersebut sepenuhnya merupakan kebijakan Perusahaan dan harus mengikuti aturan yang berlaku di Perusahaan.

 

BAB 8 - PENGEMBALIAN BARANG & DANA

Pasal 30 - Pengembalian Barang

  1. Pengguna berhak untuk mengajukan permintaan pengembalian barang jika ditemukan kondisi produk yang diterima sebagai berikut:
    • Cacat produksi;
    • Tidak berfungsi sebagaimana mestinya (malfunction);
    • Tidak sesuai dengan informasi yang diberikan di Situs;
    • Terdapat bagian yang tidak lengkap;
    • Rusak pada saat pengiriman;
    • Salah pengiriman barang, baik jenis maupun jumlah.
  2. Dalam hal kebijakan pengembalian barang, Perusahaan menentukan hal-hal berikut yang harus dipenuhi oleh Pengguna untuk dapat memproses pengajuan pengembaliannya:
    • Masa berlaku pengajuan yang dapat diterima oleh Perusahaan adalah 2 x 24jam sejak barang diterima oleh Pengguna;
    • Pengguna dapat menyertakan bagian-bagian dari barang yang akan dikembalikan yang menjadi satu kesatuan dari barang yang dijual;
    • Pengguna memberikan informasi yang sebenarnya mengenai kondisi barang yang diterimanya dan dibuktikan dengan lampiran foto untuk mendukung pernyataannya;
    • Pengguna bersedia menunggu proses validasi yang dilakukan oleh Perusahaan;
    • Pengguna tunduk terhadap hasil keputusan atau solusi yang diberikan oleh Perusahaan atas permintaan pengembalian barang yang diajukan.

Pasal 31 - Pengembalian Dana

  1. Perusahaan akan mengembalikan dana kepada Pengguna jika terjadi pembatalan pesanan, pengembalian barang, kelebihan pembayaran, atau hal-hal lain yang dapat membatalkan proses pembelian dan pembayaran yang tidak merugikan Perusahaan dengan proses pengembalian dana tersebut.
  2. Perusahaan menentukan periode pengembalian dana sesuai dengan kemampuan Perusahaan, serta kebijakan setiap bank yang ditunjuk oleh Pengguna untuk menerima pengembalian dana sampai Pengguna dapat menggunakan kembali dana tersebut.
  3. Pengembalian dana akan dilakukan melalui proses transfer bank atau pengembalian saldo limit ke kartu kredit Pengguna yang digunakan untuk melakukan pembayaran barang terkait.
  4. Untuk proses pengembalian dana melalui transfer bank, Perusahaan membutuhkan informasi akun bank yang ditunjuk Pengguna yang mencakup:
    • Nama Bank;
    • Kota dan Cabang Bank;
    • Nomor Rekening;
    • Nama Pemilik Rekening (harus sesuai dengan nama yang tertera di buku tabungan/rekening koran)
  5. Perusahaan tidak berkewajiban untuk memeriksa kebenaran rekening yang diajukan oleh Pengguna untuk proses pengembalian dana, dan informasi rekening tersebut akan dianggap benar dan disampaikan melalui surel ke Perusahaan oleh Pengguna yang berwenang sesuai dengan akun yang terdaftar.
  6. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi hukum dan kerugian yang timbul dari penyampaian informasi pelanggan dan/atau penyalahgunaan nomor dan nama pemilik rekening untuk proses pengembalian dana.
  7. Perusahaan berhak meminta bukti transfer transaksi pembayaran yang dilakukan Pengguna untuk kebutuhan internal Perusahaan, baik sebelum dan sesudah Perusahaan melakukan proses pengembalian dana.
  8. Perusahaan akan mengirimkan informasi melalui surel bahwa proses pengembalian dana telah selesai dilakukan oleh Perusahaan.

 

BAB 9 - PRODUK & HARGA

Pasal 32 - Pengadaan Barang

  1. Ketentuan tentang penyediaan barang yang akan dijual ditentukan sepenuhnya oleh Perusahaan.
  2. Perusahaan menyediakan barang secara sah, baik yang diperoleh dari sumber lokal maupun diimpor dari luar negeri.
  3. Dalam proses penyediaan barang sampai barang siap dikirim (selanjutnya disebut sebagai “Masa Persiapan Barang”), Perusahaan membutuhkan waktu yang bervariasi dimana informasi tersebut ditampilkan pada Situs dan/atau diinformasikan langsung oleh Perusahaan.
  4. Perusahaan berhak untuk setiap saat mengubah Masa Persiapan Barang sesuai dengan kepentingan Perusahaan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna.
  5. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kerugian yang diderita Pengguna karena para pemasok tidak dapat memenuhi tanggung jawabnya untuk menyediakan barang sesuai dengan Masa Persiapan Barang yang ditampilkan oleh Perusahaan di Situs.

Pasal 33 - Informasi Produk

  1. Perusahaan selalu berusaha untuk memberikan deskripsi Produk yang akurat, namun tidak bertanggung jawab atas jaminan bahwa deskripsi tersebut akurat, terkini atau bebas dari kesalahan.
  2. Perusahaan akan berkomunikasi dengan pemasok jika terdapat informasi, deskripsi, harga atau gambar Produk yang tidak akurat berdasarkan keluhan atau laporan dari Pengguna.
  3. Semua keberatan dari Pengguna atas perbedaan barang yang diterima dengan informasi produk yang disampaikan melalui Situs akan mengikuti ketentuan Pasal 30 tentang Pengembalian Barang.

Pasal 34 - Harga

  1. Harga yang harus dibayar oleh Pengguna adalah harga yang ditampilkan ketika Pengguna melakukan konfirmasi pembayaran pesanan di Situs.
  2. Semua harga barang yang dicantumkan di Situs sudah termasuk PPN, kecuali Barang Tidak Kena Pajak (BTKP) sesuai dengan ketentuan perpajakan di Indonesia.
  3. Perusahaan berhak untuk mengubah harga produk di Situs setiap saat tanpa memberikan alasan apapun atau pemberitahuan sebelumnya.
  4. Apabila terdapat kesalahan pengetikan dalam harga barang yang tidak disengaja, Perusahaan berhak menolak pesanan yang dilakukan oleh Pengguna.
  5. Pengguna setuju untuk membayar total biaya yang harus dibayar, yang terdiri dari harga barang, biaya pengiriman, biaya penanganan dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan dengan jelas dalam Pasal 27 mengenai Cakupan Pembayaran.

 

BAB 10 - PENGIRIMAN & PENGANTARAN

Pasal 35 - Ketentuan Pengiriman

  1. Selain menggunakan layanan pengiriman Perusahaan yang disebut sebagai FASINDO Express, Perusahaan juga bekerja sama dengan pihak ketiga dalam jasa pengiriman yang ditunjuk oleh Perusahaan.
  2. Perusahaan memiliki wewenang penuh untuk hal-hal yang disebutkan di bawah ini dan Pengguna tunduk pada ketentuan yang ditentukan oleh Perusahaan:
    • Menentukan jam kerja operasional tim logistik Perusahaan;
    • Menunjuk jasa pengiriman yang akan digunakan untuk setiap Pengguna, produk atau wilayah pengiriman;
    • Mengatur jadwal pengiriman pesanan sesuai dengan kepentingan perusahaan.
  3. Dengan mempertimbangkan kemampuan perusahaan jasa pengiriman, Perusahaan memiliki wewenang untuk menentukan periode pengiriman barang ke setiap wilayah pengiriman yang dituju sebagaimana yang ditampilkan di Situs.
  4. Periode pengiriman barang yang tercantum di Situs adalah perkiraan dan Perusahaan berhak untuk merubahnya setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  5. Perusahaan tidak menjamin bahwa setiap periode pengiriman barang tidak akan mengalami keterlambatan dengan alasan apapun, dan Perusahaan tidak bertanggung jawab jika Pengguna menderita kerugian akibat dari keterlambatan tersebut.
  6. Perkiraan masa pengiriman yang tertera di Situs terhitung sejak barang siap dikirim oleh tim logistik, dan periode tersebut tidak termasuk periode pengadaan barang.
  7. Pengiriman untuk jenis barang tertentu, seperti cairan, gas dan bahan mudah terbakar atau jenis barang lainnya yang dapat ditentukan kemudian, dapat memakan waktu lebih lama dari yang telah disampaikan di Situs karena perbedaan penanganan pengiriman.
  8. Pengiriman ke beberapa wilayah yang sulit dijangkau seperti pulau-pulau terisolasi atau tempat-tempat terpencil, atau alasan lain yang mungkin memakan waktu lebih lama dari yang telah disampaikan di Situs atau bahkan penolakan proses pengiriman ke wilayah tersebut.

 

BAB 11 - PRIVASI & PERLINDUNGAN DATA

Pasal 36 - Penggunaan Data

Perusahaan dapat menggunakan seluruh atau sebagian data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:

  1. Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas dan transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs, termasuk untuk tujuan pengiriman produk kepada Pengguna.
  2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan Perusahaan, termasuk:
    • Menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan E-commerce, asuransi, pembiayaan, pinjaman dan produk lainnya melalui Situs;
    • Mengizinkan fitur untuk mempersonalisasi akun Pengguna, seperti Wishlist; dan/atau
    • Melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan Layanan pada Situs seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, analisis data, pengujian dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.
  3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan layanan pelanggan Perusahaan, termasuk untuk:
    • Memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
    • Mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas layanan pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahan; dan
    • Mengawasi dan meningkatkan tanggapan layanan pelanggan Perusahaan.
  4. Menghubungi Pengguna melalui surel, surat, telepon, faksimili, dll termasuk namun tidak terbatas untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian masalah.
  5. Menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanan-layanan pada Situs, serta mengembangkan fitur dan produk baru.
  6. Menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terkini, acara dan lainnya, baik melalui Situs maupun melalui media lain. Perusahaan juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan Situs dan mitra usaha.
  7. Memantau atau menyelidiki transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang diindikasikan mengandung unsur penipuan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut sebagai hasil pemantauan atau penyelidikan transaksi tersebut.
  8. Pengguna tidak dapat menggunakan informasi yang diperoleh melalui Layanan di luar batasan penggunaan pribadi tanpa izin dari Perusahaan.
  9. Situs ini menggunakan fungsi ‘Cookies’ (jejak atau riwayat halaman yang dikunjungi) untuk Layanan yang lebih baik sesuai dengan ketentuannya. Diasumsikan bahwa Pengguna setuju untuk menggunakan fungsi ‘Cookies’.

Pasal 37 - Perlindungan Data

  1. Perusahaan mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi Pengguna hanya dalam lingkup yang diperlukan dan dengan cara yang sah dan sesuai.
  2. Perusahaan tidak menjual, meminjamkan, mengalihkan dan mengungkapkan informasi pribadi kepada pihak ketiga tanpa persetujuan Pengguna kecuali untuk hal berikut:
    • Mematuhi ketentuan hukum atau keputusan dari otoritas administratif atau lembaga peradilan;
    • Pelanggaran Pengguna terkait hukum atau kebijakan Indonesia;
    • Hal-hal lain di mana Perusahaan memutuskan sesuai dengan undang-undang atau kebijakan penggunaan Situs.

 

BAB 12 - KETENTUAN LAINNYA

Pasal 38 - Larangan Transfer

Pengguna tidak akan mengalihkan, meminjamkan atau menjual hak-haknya dari Layanan kepada pihak ketiga.

Pasal 39 - Kompensasi

Perusahaan tidak bertanggung jawab atau berkewajiban untuk memberikan kompensasi untuk kerugian Pengguna atau pihak ketiga yang terkait dengan keterlambatan penggunaan, penangguhan modifikasi, atau penghapusan pengungkapan, Layanan atau hilangnya informasi yang diberikan.

Pasal 40 - Hak Cipta

  1. Pengguna tidak diizinkan menyalin hak cipta atau hak kekayaan intelektual dari Layanan. Semua hak cipta dari halaman layanan dan gambar secara mutlak dimiliki oleh Perusahaan, dan oleh karena itu dilarang untuk menggandakan, mendistribusikan, mengalihkan, meminjamkan, menerjemahkan, menggunakan, mereproduksi, mengusahakan atau menggunakan kembali konten berhak cipta sesuai dengan undang-undang dan perjanjian hak cipta.
  2. Semua paten, hak model utilitas, hak merek dagang, hak desain, hak cipta dan hak kekayaan intelektual lainnya mengenai Layanan adalah milik Perusahaan dan setiap pelanggaran terhadap hak-hak tersebut dilarang oleh hukum.

Pasal 41 - Hal-hal Yang Dilarang

Tindakan-tindakan berikut adalah dilarang dalam penggunaan Layanan:

  1. Mengganggu pengoperasian Layanan dan menghambat Layanan;
  2. Penggunaan kartu debit atau kredit secara tidak sah;
  3. Perilaku yang menyebabkan atau dapat menyebabkan kerusakan atau kerugian bagi Perusahaan atau pihak ketiga;
  4. Pelanggaran hak merek dagang, hak cipta, privasi atau hak-hak lain Perusahaan atau pihak ketiga;
  5. Perilaku terhadap konvensi publik dan ketertiban sosial;
  6. Tindakan kriminal atau perilaku terkait;
  7. Pernyataan atau pengajuan yang salah dalam pendaftaran seperti alamat surel atau informasi lainnya;
  8. Kegiatan bisnis untuk tujuan keuntungan;
  9. Merusak niat baik dan kredibilitas Perusahaan;
  10. Menggunakan atau menyediakan program berbahaya seperti virus komputer dan perilaku yang dapat mengakibatkan situasi seperti itu;
  11. Mencuri alamat surel dan kata sandi dari anggota lain;
  12. Tidak membayar tagihan dan / atau menunda pembayaran untuk produk yang dibeli lewat Layanan;
  13. Pelanggaran terhadap Kebijakan;
  14. Pelanggaran hukum domestik atau internasional;
  15. Penggunaan Layanan dengan cara yang tidak disarankan oleh Perusahaan;
  16. Menghubungkan Layanan ke database lain tanpa persetujuan dari Perusahaan;
  17. Akses ilegal dan merusak data pada server komputer Layanan;
  18. Tindakan lainnya yang dianggap tidak patut oleh Perusahaan.

Pasal 42 - Perubahan Penghentian Sementara dan Pemutusan Layanan

  1. Perusahaan dapat mengubah isi Layanan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna.
  2. Perusahaan dapat menangguhkan sebagian atau seluruh Layanan berdasarkan penilaiannya sendiri tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna dalam hal-hal berikut:
    • Pemeliharaan rutin atau mendesak atau pembaruan perangkat dan sistem untuk Layanan;
    • Kegagalan untuk menyediakan Layanan karena keadaan kahar seperti kebakaran, pemadaman listrik atau bencana alam;
    • Kasus lain yang diputuskan oleh Perusahaan sesuai untuk menangguhkan sementara Layanan, seperti alasan operasional atau teknis atau kegagalan pelayanan karena situasi yang tak terduga.
  3. Perusahaan harus melihat halaman utama untuk memperhatikan situasi yang disebutkan dalam klausa sebelumnya.
  4. Perusahaan tidak bertanggung jawab jika Pengguna tidak dapat menggunakan Layanan dan mengalami kerugian karena situasi yang disebutkan dalam klausa sebelumnya.

Pasal 43 - Batas Tanggung Jawab

  1. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas situs web eksternal yang terkait dengan Layanan oleh pihak ketiga. Perusahaan tidak bertanggung jawab untuk mengkompensasi kerusakan yang disebabkan oleh atau terkait dengan layanan yang relevan di situs eksternal.
  2. Dalam hal produk yang ditemukan memiliki masalah kualitas pada saat kedatangan, tanggung jawab Perusahaan terbatas pada harga produk yang bersangkutan. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kerusakan tidak langsung karena masalah dari produk yang bersangkutan.
  3. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas produk yang rusak karena penyalahgunaan oleh Pengguna.
  4. Tampilan produk bisa berbeda dari gambar yang sebenarnya karena pengaturan dari layar atau monitor, dll.
  5. Jika Pengguna menyebabkan kerusakan atau kehilangan kepada Pengguna lain atau pihak ketiga, Pengguna yang bersangkutan harus menyelesaikan sendiri dan atas biaya sendiri dan Perusahaan tidak bertanggung jawab.
  6. Jika Perusahaan akan memberi tahu para anggotanya, ia harus memenuhi tanggung jawabnya dengan mengirimkan pemberitahuan ke alamat email yang terdaftar sebelumnya dan mengirimkan produk yang dibeli dalam alamat yang ditunjuk kepada anggota.
  7. Apabila terjadi keterlambatan atau gagal pengiriman yang disebabkan oleh kesalahan Pengguna tidak mengikuti prosedur, Perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami Pengguna. Dan apabila keterlambatan atau gagal pengiriman produk dikarenakan bencana alam seperti gempa bumi, banjir, angin topan, kerusuhan atau terorisme, perang (force majeure), perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami Pengguna.
  8. Perusahaan tidak bertanggung jawab selain sebagaimana diatur dalam Kebijakan atas kerusakan dan kerugian yang terkait dengan penggunaan layanan dan produk yang dijual melalui Layanan, terlepas dari penyebab hukum klaim tersebut.
  9. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kerugian yang diderita karena fakta bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan karena alasannya sendiri.

Pasal 44 - Biaya Internet

  1. Pengguna harus menanggung biaya persiapan komputer dan perangkat komunikasi, biaya telepon atau biaya internet/LAN yang diperlukan untuk penggunaan Layanan oleh Pengguna.
  2. Berdasarkan Kebijakan, Pengguna harus menanggung biaya publik seperti pajak konsumsi yang dikenakan pada biaya untuk penggunaan Layanan.
  3. Perilaku yang menyebabkan atau dapat menyebabkan kerusakan atau kerugian bagi Perusahaan atau pihak ketiga;

Pasal 45 - Hukum dan Yurisdiksi

Segala hal yang tidak diatur dalam Kebijakan untuk produk dan Layanan Perusahaan akan diatur oleh hukum Indonesia. Dan jika terjadi perselisihan antara Pengguna dan Perusahaan, Pengadilan Negeri di tempat Perusahaan akan memiliki yurisdiksi eksklusif.

Copyright © 2019 PT. Fasindo Teknik Pratama